Jan 19th, 2015

SONY MDR-1A dan ATH-MSR7

Hallo… ๐Ÿ™‚
Lama tidak menulis… Hehe… ๐Ÿ™‚

Kali ini saya mau bahas tentang 2 headphone yang sedang naik daun belakangan ini. YUP..!! Audio Technica ATH-MSR7 dan SONY MDR-1A. ๐Ÿ˜‰

Basic dari kedua headphone ini adalah headphone High Res. Dimana akan mempunyai kemampuan yang sama “baik”nya ketika mendengarkan suatu file High Res music. Trus apa bedanya donk mengingat harganya ada perbedaan sekitar 500rb lebih…?? Oke disini saya akan bahas dan coba menjelaskan dari pandangan saya.
Bagi yang sudah pernah mencoba kedua headphone ini pasti sudah mengetahui bahwa keduanya mempunyai kualitas yang sangat baik memproduksi suara jernih dan mewah.

ath-msr7 Perbedaan harga yg disajikan bukan tanpa alasan. Untuk first impresion MSR7 memang menyajikan sesuatu yang akan membuat kita tertarik. Mid yang jernih, high yang baik tidak terlalu membuat lelah. Dan satu hal yangmembuat hampir semua orang mencintai MSR7 ini adalah kualitas bassnya yang di sajikan mempunyai Low yang tight dan Punchy yang bagus. Sedangkan MDR-1A mempunyai dimensi bass yang megah dan mewah (kembali ke sumber pemutar musicnya). Sektor bass di kedua headphone ini tidak mengganggu frekuensi lainnya dan berasa berisi, seklias MSR7 memang lebih muda terdengar bassnya lebih “nonjok” sedangkan MDR-1A lebih “Boomy”, tetapi ketika kita putar dengan perangkat yang lebih mendukung (tidaklah wajib) maka suaranya bass MDR-1A akan terdengar lebih mewah dan harmonis.

Lalu apakah yang menjadikannya harga MDR-1A lebih mahal ? Bukanlah tanpa alasan mengapa 1A di hargain lebih mahal dari pada MSR7. Apa itu??

sony-mdr1a Saya mendengar 1A mempunyai technicality jauh lebih baik dari pada MSR7 dan tentunya jauh lebih sensitif terhadap sumbernya (dibaca Player). MSR7 lebih forgiving terhadap apapun set up dan player yang anda gunakan, 1A juga seperti itu, hanya saja 1A mempunyai potensial jauh lebih bagus ketika mendapatkan sumber suara (baca Player) yang lebih baik. Jika kalian mengikuti beberapa perkembangan headphone adalah Shure 1840 salah satu headphone yang didengarkan sangat mudah untuk mengetahui pin point dari suatu lagu (Baca positioning). Hal ini juga berlaku untuk SONY 1A ini, cobalah mendengarkan dengan sumber yang lebih memiliki potensial. Tidak perlu mahal atau mewah, cobalah dengan komputer anda lalu putarlah beberapa lagu pada youtube, tidak lah sumber yang sempurna tetapi cukup bisa membuat โ€œmataโ€ kita lebih terbuka terhadap potensial dan alasan di balik harga yang disajikan oleh 1A ini.

SONY MDR-1A ini juga mempunyai deep of field yang jauh lebih baik dari pada MSR7. Suaranya pun lebih berpegang dan rapih ketika kita mendengarkannya jauh lebih lama. Bisa digambarkan agar lebih mudah di cerna bahwa 1A suaranya lebih 3D.

Siapa yang terbaik diantaranya adalah suatu pertanyaan yang tidak adil. Ketika kalian ingin mendapatkan suatu headphone yang tidak terlalu sensitif dan easy listening adalah ATH-MSR7 terbaik untuk hal ini. Anda akan mendapatkan sebuah “Audiophile” yang sempurna.

Tetapi jika anda ingin mendapatkan suatu eksperimen yang jauh kedepan atau ingin mempunyai headphone dengan potensial yang besar adalah MDR-1A jawabannya, apalagi jika kita mempunyai banyak file lagu atau sumber (baca Player) yang menjanjikan, bahkan mungkin sebuah ampli akan menjadikannya sempurna walau tidak lah menjadikan syarat khusus untuk hal ini. (Harmonisasi)

Inilah audio tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah, dan mungkin jauh juga dari kesempurnaan. Audio adalah sebuah kecocokan dimana kita akan melalui naik dan turun (kaya Ninja Hatori) ketika berjuang untuk mencapai kecocokan tersebut. Enjoy dan happy listening untuk kita semua.

Demo 2 headphone tersebut tersedia di Bass Audio Headphone Store jika ingin mencobanya lebih jauh. Silahkan mampir dan mencobanya. ๐Ÿ˜‰

Keep Rockโ€™in and Peace Full

Best regards,
๐Ÿ™‚

Steve โ€“ Bass Audio

X